Minggu,  16  Juni  2019 |  WIB Selamat Datang di Pengadilan Negeri Jakarta Utara Kelas 1A Khusus , Jl. Gajah Mada No.17, RT.3/RW.1, Petojo Utara,Gambir, Kota Jakarta Pusat,Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10130 Telp. (+62) 021-6309916 Fax. (+62) 021-6309864, e-mail : pengadilannegerijakartautara@gmail.com ----
Mahkamah Agung Republik Indonesia
Pengadilan Negeri Jakarta Utara Kelas 1A Khusus
Jl. Gajah Mada No.17, RT.3/RW.1, Petojo Utara,Gambir, Kota Jakarta Pusat,Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10130


Sejarah Pengadilan






Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Utara Kelas IA Khusus yang letaknya di jalan Jl. Gajah Mada No.17, RT.3/RW.1, Petojo Utara,Gambir, Kota Jakarta Pusat, gedung Pengadilan Negeri mempunyai ruang tempat sidang sebanyak 11 buah yaitu :

  1. Satu Ruang Sidang Utama
  2. Sepuluh Ruang Sidang Biasa
  3. Satu Ruang Sidang Anak


Ruang sidang utama dipergunakan untuk menyidang perkara yang menarik perhatian Publik seperti perkara Narkotika dengan terdakwa Gembong Narkoba, Artis dan lain-lain. Ruang sidang yang berukuran sedang dipergunakan untuk mengadili perkara-perkara seperti perkara pencurian,perkara perlanggaran,perkara perdata,permohonan dan lain-lain. Ruang sidang anak dipergunakan untuk menyidangkan perkara anak.

Pengadilan Negeri Jakarta Utara , sebagai bagian dari lembaga peradilan dibawah Mahkamah Agung RI yang menjalani kekuasaan kehakiman merupakan instansi pemerintah. Sebagai  instansi pemerintah menurut Instruksi Presiden RI nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, berkewajiban untuk mempertanggung jawabkan pelaksanaan tugas, fungsi dan peranannya dalam pengelolaan sumberdaya, anggaran maupun kewenangan dalam melayani pencari  keadilan.
Pengadilan Negeri a. Sejarah Pengadilan Sejak zaman Hindia Belanda, Pengadilan Negeri sudah ada dan sejak itu, Pengadilan Negeri dibagi menjadi dua yaitu : 1. Pengadilan untuk orang-orang pribumi 2. Pengadilan untuk orang-orang golongan Eropa atau Timur Asing. Setelah kemerdekaan, kedua pengadilan tersebut dilebur menjadi Pengadilan Negeri. Berdasarkan Undang-undang nomor 9 tahun 1964 Pengadilan di Indonesia ada tiga yaitu 1. Pengadilan Negeri 2. Pengadilan Agama 3. Pengadilan Militer Dengan adanya Undang- undang baru nomor 14 tahun 1970 dibentuklah menjadi empat pengadilan. 1. Pengadilan Negeri 2. Pengadilan Agama 3. Pengadilan Militer 4. Peradilan Tata Usaha Negara Dahulu Pengadilan di Jakarta hanya satu sebelum tahun 1969 yang disebut "Pengadilan Negeri Istimewa Jakarta" (yang sekarang kantornya menjadi gedung Pengadilan Negeri Jakarta Utara). Dan tahun 1970 Pengadilan Negeri Jakarta ada tiga yaitu : 1. Pengadilan Negeri Jakarta Pusat 2. Pengadilan Negerai Jakarta Barat dan Selatan 3. Pengadilan Negeri Jakarta Timur dan Utara Pada tahun 1973 dibangun gedung Pengadilan Negeri Jakarta Utara dan Selatan. Kemudian pada tahun 1978 dipecah menjadi lima Pengadilan yaitu : 1. Pengadilan Negeri Jakarta Pusat 2. Pengadilan Negeri Jakarta Barat 3. Pengadilann Negeri Jakarta Selatan 4. Pengailan Negeri Jakarta Timur 5. Pengadilan Ngegeri Jakarta Utara Pada tanggal 31 maret 2004 telah dilakukan pengalihan organisasi Administrasi dan Financial di lingkunagan peradi
 

INFORMASI CEPAT